Teknik Pewarnaan Dengan Menggunakan Cat Akrilik

Teknik Pewarnaan Dengan Menggunakan Cat Akrilik

Secara simpel cat akrilik ialah cat tembok dan semacamnya (bukan cat kayu yang mengkilat). Cat akrilik hasilkan warna opaque (tebal) dan tidak terbuka. Tehnik cat yang tebal ini umumnya disebutkan tehnik plakat.

Tehnik perwarnaan ada dua tipe yakni tehnik plakat dan tehnik terbuka (aquarel). Tehnik plakat sendiri ialah tehnik melukis yang memakai cat air, cat akrilik atau cat minyak dengan sapuan tebal dan formasi cat yang kental. Hingga memberikan kesan-kesan yang colorfull pada tiap kreasi.

Dan tehnik aquarel yakni tehnik sapuan kuas di atas media gambar dengan memberi warna yang encer hingga permukaan media gambar atau warna di bawahnya masih tetap kelihatan atau terbuka. Umumnya tehnik aquarel dipakai untuk membikin lukisan dari car air, dan tehnik plakat dipakai untuk membikin lukisan yang tidak terbuka seperti lukisan di tembok atau umum disebutkan mural.

at akrilik dibuat dari plastik berbahan dasar polietilen yang gampang mengeras atau cepat jadi kering. Cat akrilik sebetulnya cat plastik yang ada berbentuk paket seperti cat air, tetapi beragam cairan khusus dipertambah hingga jadi pembanding dengan cat plastik biasanya.

Pemakaian cat akrilik untuk melukis tidak demikian susah, tetapi ada beberapa trik yang perlu kamu dalami. Berikut Kopling kasih panduan untuk pelukis pemula untuk melukis memakai akrilik!

Panduan 1: Keeping Acrylic Paints Workable

Cat akrilik ialah cat yang gampang kering. Untuk menjaga kelembapannya, berikan sedikit air, jika kamu memakai palet plastik. Jika kamu memakai palet khusus (palet yang lembap), kamu tidak perlu menambah air, tetapi harga palet khusus ini lumayan mahal dibandingkan palet plastik.

Panduan 2: Blot your Brushes

Sedia lap dari sisi palet. Hal kecil ini harus dibiasakan, untuk menahan cat menetes ke pegangan kuas dan terkadang mengotori lukisan kamu. Simpan selembar lap kertas atau kain sisa di dekat palet dan lakukan beri kuas kamu sesudah mengusungnya dari cat.

Panduan 3: Opaque or Transparent Colors

Jika kamu main-main coba, cat akrilik dapat dipakai seperti cat air bahkan juga air brush dengan menambah cairan dengan formasi yang tepat. Sebetulnya, cat akrilik ini tidak tembus sinar karena formasi dasarnya yang tebal.

Teknik Pewarnaan Dengan Menggunakan Cat Akrilik

Panduan 4: Acrylic versus Watercolor Washes

Meskipun serupa, di antara akrilik dan cat air pasti mempunyai berbeda. Cat akrilik memiliki sifat tetap tidak seperti cat air. Akrilik tidak gampang terlarut dan jika kamu ingin meniban gambar awalnya, cat akrilik tidak menghancurkan lukisan di bawahnya.

Panduan 5: Think Thin When Thinking Glazes

Jika kamu ingin membuat susunan yang terbuka, gambar dengan berhati-hati. Susunan terbuka cuman bisa dibikin bila kamu melukisnya dengan tipis pada kanvas. Dan, susunan tebal akan hasilkan permukaan yang berkilau.

Panduan 6: Improve Flow Without Losing Colour

Untuk tingkatkan saluran warna tanpa kehilangan kemampuan warna tersebut, dapat kamu pakai media yang memiliki sifat tingkatkan saluran warna. Merek yang populer ialah Winsor and Newton.

Panduan 7: Blending

Karena karakternya yang gampang kering, kamu harus cepat bila ingin menambahkan berwarna. Dan tidak boleh bengong saat menambahkan cat, ya!

Panduan 8: Hard Edges

Langkah ini biasa dipakai oleh pelukis ternama untuk melukis memakai akrilik. Dengan tempelkan selotip atau plester di pinggir lukisan dan melepaskannya dari cat akrilik jadi tidak akan menghancurkan susunan yang ada. Ini mempermudah untuk melukis dengan pojok tajam.

Panduan 9: Washing-up Liquid with Masking Fluid

Seperti cat air, cairan lapisan bisa dipakai di cat akrilik untuk membuat tidak gampang kering. Demikian kering pada kuas, akrilik lebih susah dibikin bersih dibandingkan cat air. Oleh karena itu, rendam kuas dalam cairan dengan durasi waktu lumayan lama dan goyang-goyangkan kuas pada air agar warna yang melekat dapat keluar kuas.

Panduan 10: Using Acrylic Paint as a Glue for Collage

Cat akrilik dapat dipakai sebagai lem dalam kolase dengan menggunakan cat ini dengan ketebalan. Kolase ialah seni artistik yang dibikin berbahan yang ditempel pada permukaan lukisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *