MELUKIS DENGAN CAT MINYAK

Lukisan minyak adalah proses melukis dengan pigmen yang dicampurkan dengan medium yang terdiri atas minyak pengering.  Melukis dengan menggunakan cat minyak membutuhkan waktu yang lebih lama daripada biasanya. Beberapa cat minyak yang sangat kental bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun untuk mengeras. Ada aturan terpenting dalam melukis sebuah lukisan menggunakan cat minyak, yaitu teknik Fat Over Lean. Fat over lean adalah cara melukis dengan cat minyak yang berfokus pada penempatan lapisan yang lebih banyak mengandung minyak  di atas lapisan yang lebih tipis. Tetapi jika tidak, lukisan tersebut akan mudah rusak.

Peralatan melukis dengan cat minyak yang kamu butuhi ;

  • Memiliki alat media untuk melukis

Kamu harus menggunakan Kanvas pada saat kamu akan melukis dengan cat minyak, kamu tidak bisa melukis dengan minyak di sebuah kertas meskipun kertasnya adalah kertas khusus untuk minyak. Yang jelas kamu harus melukis dengan cat minyak menggunakan media kanvas ya!

  • Memiliki kuas khusus cat minyak

Belilah kuas dengan bulu pendek dan gagang nya yang panjang agar memudahkan kamu pada saat melukis, supaya pada saat kamu melukis bisa rapi dan tetap bersih. Dan jangan lupa untuk menyiapkan minyak pelarut, untuk membersihkan cat minyak dari kuas

  • Memiliki cat minyak yang bagus

Kamu harus membeli cat minyak yang benar – benar bagus dan kuat warna dan ketahanannya. Jangan tergiur dengan harga murah, ada peribahasa yang mengatakan bahwa ada harga ada kualitas, begitu pun dengan cat minyak. Cat minyak dasar harus memiliki warna kuning cadmium, ochre kuning, merah cadmium, merah crimson alizarin, biru ultramarin, putih titanium, dan hitam mars. Belilah banyak cat minyak berwarna putih ya, karena kamu akan banyak memerlukan cat berwarna putih. Ingat jangan beli produk yang “murahan” karna nantinya akan berefek pada hasil karya mu nanti.

  • Memiliki peralatan lainnya

Karna kamu akan melukis , kamu juga harus tetap menjaga kebersihan dan kerapihan di sekitar kamu dengan kamu memiliki gelas berisi minyak pelarut untuk membersihkan cat minyak dari kuas, palete yang lebar dan memiliki lengkungan di ujung setiap sisinya, lap , celemek, tissue dan alat dudukan kanvas. Alat dudukan kanvas sangat penting untuk menjadi tadahan pada saat kamu melukis ya dan lebih membuat kamu nyaman juga pada saat melukis.

Di lansir dari notepam.com, Secara umum teknik seni lukis cat minyak dibagi menjadi menjadi tiga, diantara nya :

  • Teknik Basah

Teknik basah merupakan teknik melukis dengan cara mengencerkan cat minyak dengan menggunakan linseed oil atau minyak cat. Setelah cat diencerkan dalam kekentalan tertentu, barulah di poleskan di atas permukaan kanvas.Kuas yang biasa digunakan dalam teknik ini adalah kuas dengan bulu panjang.

Kelebihan:  Membutuhkan cat minyak yang relatif sedikit

Cat minyak yang menempel di palet masih bisa digunakan

Lukisan terlihat bersih dan proses memblok warga cenderung lebih cepat

  • Teknik Kering

Kebalikan dengan teknik basah, teknik kering berarti melukis tanpa menggunakan linseed oil atau minyak cat.

Kuas yang digunakan pada teknik kering haruslah dalam keadaan kering serta tidak berminyak. Untuk teknik ini disarankan menggunakan cat yang baru keluar dari dalam tube. Teknik kering cocok digunakan untuk melukis dengan kesan volume serta keruangan, seperti naturalism, realism dan surelism.

Kelebihan: Lebih mudah menghapus warna dengan menumpuk warna lain

Lebih mudah mengontrol detil lukisan

Lebih mudah membentuk objek, kesan ruang dan volume

Cat akan lebih cepat kering

  • Teknik Campuran

Teknik ini merupakan kombinasi antara teknik basah dan teknik kering. Dengan teknik campuran kita bisa saling menutupi kekurangan dari teknik basah dan teknik kering. ini diawali dengan menggunakan teknik kering terlebih dahulu baru kemudian disusul teknik basah, dengan cara memblok warna sambil menambahkan intensitas minyak cat secara perlahan hingga sampai tahap akhir lukisan.

Kelebihan: Pewarnaan lebih cepat (dengan teknik basah)

Lebih mudah membentuk objek (dengan teknik kering)

Detail tampak lebih bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *