BERBAGAI MACAM TEKNIK LUKIS

Melukis adalah suatu kegiatan yang bisa menuangkan perasaan dari dalam hati, jiwa, otak dan fikiran. Terlebih para pecinta seni, tetapi jika bukan pecinta seni pun tetap bisa melukis. Tetapi melukis yang baik dan benar tidak hanya sekedar melukis corat  – coret di atas kanvas loh teman, mau tahu macam-macam teknik melukis? Yuk simak

Melukis dengan teknik Plakat

Indah bukan? Seperti terlihat sangat artistik ,bercahaya namun sempurna. Ini adalah teknik Plakat, yang pengertiannya adalah teknik melukis yang menggunakan cat air, cat akrilik, atau cat minyak dengan sapuan warna cat yang tebal atau kental, sehingga hasil lukisan akan tampak pekat atau menutup seluruh medianya dengan terlihat begitu nyata.

Teknik seni lukis ini lebih sering di lakukan oleh pelukis professional untuk menghasilkan lukisan yang sempurna dan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Unsur-unsur melukis dengan teknik plakat

Garis

Ruang

Warna

Bidang

Nada gelap dan terang

Bentuk

dan Tekstur

Melukis dengan Teknik Aquarel

Teknik melukis dengan menggunakan cat air (aquarel) dan sapuan warna yang tipis, sehingga lukisan yang dihasilkan terkesan tembus pandang atau transparan. Pada teknik ini digunakan cat yang cenderung encer agar dihasilkan sapuan yang tipis dan ringan.

Tips : Pilih cat air yang berkualitas. Kertas yang paling sesuai adalah kertas aquarel khusus. Pilih kuas yang sesuai. Pilih media gambar atau lukis yang tepat, karena untuk bisa memperoleh hasil gambar yang maksimal, penggunaan kanvas harus benar-benar yang bagus terlebih lagi kita akan menggunakan cat air yang mudah sekali luntur. Tapi untuk tahap belajar kita juga bisa menggunakan kertas gambar biasa yang agak tebal.

Macam-macam teknik Aquarel

Wet On Dry (Teknik mengaplikasikan sapuan basah cat air pada permukaan kertas yang kering.)

Wet On Wet (Teknik mengaplikasikan sapuan cat air basah di atas permukaan kertas cat air yang dibasahi terlebih dahulu pada area tertentu.)

Melukis dengan Teknik Tempera

Teknik ini merupakan teknik melukis dengan cara mencampurkan kuning telur ke dalam cat sebagai bahan perekat. Lukisan ini sebagian menggunakan kayu sebagai kanvasnya dan ada juga yang langsung melukiskan ke tembok.

Teknik tempera sempat menunjukkan masa jayanya di eropa antara tahun 1200 hingga 1500an. Dilansir dari lukisanku.id  teknik seni ini dikenali dari dunia klasik, di mana teknik ini telah menggantikan teknik lukisan encaustik dan merupakan medium utama yang digunakan untuk lukisan panel dan manuskrip bergambar dalam dunia Byzantine dan zaman pertengahan dan awal kebangkitan Eropa. Lukisan tempera merupakan medium lukisan panel utama bagi hampir setiap pelukis semasa zaman kebangkitan Eropa.

Teknik tempera sempat menunjukkan masa jayanya di eropa antara tahun 1200 hingga 1500an. Duccio dan Simone Martini adalah diantara seniman Italia yang terkenal dengan menggunakan teknik ini. Duccio dan Simone Martini adalah diantara seniman Italia yang terkenal dengan menggunakan teknik ini. Cat tempera mengering dengan cepat. Hal ini biasanya diterapkan dalam lapisan tipis atau, semi-opak transparan.

Tempera memungkinkan untuk presisi besar bila digunakan dengan teknik tradisional yang memerlukan penerapan berbagai sapuan kuas kecil yang diterapkan dalam teknik cross-penetasan. Setelah kering, menghasilkan tahap akhir yang halus. Karena tidak dapat diterapkan dalam lapisan setebal cat minyak, lukisan tempera jarang memiliki saturasi warna yang mendalam berbeda dengan lukisan minyak. Dalam hal ini warna lukisan tempera yang tak dipolitur menyerupai pastel, meskipun warna memperdalam jika pernis yang diterapkan. Di sisi lain, warna tempera tidak berubah dari waktu ke waktu, sedangkan cat minyak gelap, kuning, menjadi transparan dengan usia lukisan.

Melukis dengan Teknik Cat Spray

Teknik ini adalah teknik melukis dengan cara menyemprotkan cat ke media lukis. Tujuan menggunakan teknik ini yakni untuk menghasilkan lukisan yang lebih halus dan tampak lebih visual dan nyata. Biasanya, teknik spray ini sering digunakan untuk melukis grafitti di dinding-dinding jalan atau sebuah tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *